Tipe Rumah Mezzanine, Cara Mamfaatkan Ruangan Kosong agar Cantik

Tipe Rumah Mezzanine, Cara Mamfaatkan Ruangan Kosong agar Cantik

Mezzanine sudah tidak asing lagi bagi sebuah hunian modern. Lantai ini menjadi solusi untuk ruang ekstra tanpa menambah lantai bangunan. Cara ini tidak hanya menambah ruangan, tapi juga membuat rumah menjadi lebih menarik.

Banyak yang menggunakan Mezzanine dalam ruang terbuka, tapi juga ada yang menawarkan ruang pribadi yang flexible dan nyaman. Sehingga penghuninya bisa menggunakan untuk bekerja atau ruang tidur.

Tipe rumah Mezzanine sendiri merupakan balkon dalam ruangan atau lantai tambahan. lantai yang berada di tengah, antara lantai bawah dan atap atau plafon, dengan luas yang biasanya hanya sepertiga dari luas ruangan. Dalam arsitektur Prancis, mezzanine juga berarti ruangan yang dibuat dengan partisi, namun tidak naik sampai ke langit-langit.

Baca juga : Rumah di Pamulang DP Suka-Suka

Menerapkan mezzanine di rumah merupakan salah satu solusi yang tepat untuk memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih fungsional. Mezzanine juga bisa menjadi pilihan untuk menambah ruang di rumah yang kecil, tetapi memiliki atap atau plafon yang tinggi.

Mezzanine di hunian modern tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai ruang tambahan di rumah. Berikut ini adalah beberapa manfaat menerapkan mezzanine di rumah Anda.

1. Mezzanine memungkinkan Anda untuk mendapatkan ruang tambahan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Dibandingkan dengan merenovasi rumah dan membangun ruang tambahan, menerapkan mezzanine dan memaksimalkan area yang tidak digunakan di rumah akan lebih hemat biaya.

2. Mezzanine dapat digunakan sebagai area penyimpanan, kamar tidur tambahan, ruang studio kerja, ruang bersantai, ruang anak-anak, dan lain sebagainya. Opsi desainnya yang fleksibel memungkinkan Anda untuk menggunakan mezzanine untuk berbagai keperluan.

Baca juga : Tips yang Perlu Dilakukan Saat Membeli Rumah

Prinsip Penggunaan Mezzanine yang Baik

Memiliki mezzanine di dalam rumah tidak hanya menjadi solusi kebutuhan ruang tambahan, tetapi juga dapat memberikan kesan berbeda dan unik di tempat tinggal Anda. Jika Anda berniat untuk membangun lantai mezzanine di rumah, tetapi masih binggung dengan penggunaan yang mezzanine yang baik dan tepat, berikut inspirasinya.

Banyak rumah di Tangerang, seperti Bintaro, Ciputat dan Pamulang yang  sangat cocok untuk pembuatan mezzanine. Sehingga anda tidak mengeluarkan biaya besar untuk membangun lantai tambahan.

Mezzanine Desain Terbuka

Mezzanine dengan desain terbuka cocok bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan. Anda bisa membangun mezzanine dekat ruang utama, karena lantai ini akan membuat rumah Anda terlihat berbeda dan unik. Pastikan juga akses posisi tangga mezzanine dapat mudah dijangkau, sehingga Anda dapat bebas berinteraksi dengan keluarga.

Private Mezzanine

Anda yang menginginkan privasi juga dapat membuat mezzanine dalam interior yang tertutup. Caranya, gunakan kaca transparan sebagai dinding dan lengkapi dengan tirai untuk mendapatkan mezzanine yang lebih private. Dengan menggunakan kaca dan tirai, Anda dapat melihat ruangan di bawah dengan mudah, tetapi juga bisa meminimalkan interaksi.

Mezzanine Ala Jembatan

Selain sebagai ruangan tambahan, mezzanine juga bisa berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan sebuah ruangan dengan ruangan yang lainnya. Mezzanine ala jembatan dapat dimanfaatkan sebagai ruang kerja dengan konsep yang terbuka dan akan memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan anak-anak yang sedang bermain di lantai bawah.

Mezzanine di Sudut Ruangan

Dilansir dari Houzz, jika Anda tidak memiliki ruangan besar atau langit-langit yang berukuran ganda, Anda dapat menggunakan sudut di sebuah ruangan untuk membuat mezzanine yang tinggi. Mezzanine yang nyaman ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat tidur atau ruang membaca.

Mezzanine di Dalam Kamar Tidur

Bagaimana jika Anda memiliki kamar tidur yang cukup luas dengan langit-langit yang tinggi? Anda dapat memanfaatkan kelebihan ini dengan cara yang kreatif, yaitu menciptakan mezzanine yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan ataupun walk-in closet.

Panduan Membangun Mezzanine di Rumah

Sebelum membangun mezzanine di dalam rumah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan Anda. Simak panduannya berikut ini.

  • Luas Ruangan

Biasanya lantai mezzanine menggunakan sepertiga luas ruangan di rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan luas ruangan rumah Anda mencukupi, sehingga keberadaan mezzanine tidak membuat sebuah ruangan menjadi sempit.

  • Fungsi

Setelah mengetahui luas ruangan yang akan dibangun mezzanine, selanjutnya tentukan fungsi dari lantai mezzanine tersebut. Jika lantai mezzanine cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai kamar anak-anak, ruang kerja, studio, atau ruang bersantai. Jika luas mezzanine terbatas, lantai tambahan ini bisa berfungsi sebagai perpustakaan atau sudut untuk membaca.

  • Tinggi

Selain luas ruangan, tinggi ruangan juga perlu diperhatikan supaya mezzanine tidak terlihat menyesakkan. Menurut Impressive Interior Design, tinggi minimal ruangan tempat mezzanine dibangun adalah 440 cm, karena mezzanine akan mengambil bagian sekitar 210 cm termasuk langit-langit.

  • Pencahayaan

Mezzanine adalah ruangan terpisah yang terhubung dengan ruangan utama. Jadi pencahayaan di mezzanine sebaiknya disesuaikan dengan fungsi mezzanine supaya tidak terganggu ruangan lain atau justru mengganggu ruangan yang berdekatan.

  • Ruangan Di Bawah Mezzanine

Pada saat membangun mezzanine, ruangan atau area di bagian bawahnya akan memiliki langit-langit yang rendah. Supaya aktivitas di bagian bawah mezzanine tidak menjadi terbatas, berikan pencahayaan yang cukup dan tambahkan kipas angin jika diperlukan.

  • Material

Ada empat material yang dapat digunakan untuk membuat lantai mezzanine, yaitu kayu, beton, baja, dan besi. Anda memerlukan kayu dengan kualitas yang baik dan ketebalan yang cukup agar mezzanine bisa berdiri dengan kuat. Beton adalah material yang sering diandalkan karena kekuatannya, sedangkan besi dan baja merupakan material yang mudah diaplikasikan. Apapun material yang Anda pilih, sesuaikanlah dengan interior rumah agar hunian tampak cantik dan selaras.

Karena itulah perumahan Bamboo Prime Residence hasil pengembang PT Karya Tunggal Properti bisa menjadi pertimbangan untuk berinvestasi. Berkonsep perumahan etnik-bali, lokasi rumah di Pamulang, Tanggerang Selatan yang tentunya dekat dengan pusat kota.

Tersedia dengan berbagai tipe 50, 69, 70, 73, 88 seharga 800 juta an. Sudah terdapat fasilitas premium, seperti club house yang terdapat kolam renang baik untuk dewasa dan anak.

Penambahan ruangan mezzanine tentunya akan mendukung kenyamanan saat bertempat tinggal. Sehingga tidak banyak ruang yang terbuang sia-sia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo
Ada yang bisa kami bantu ?