Simak Tips Menjaga Semangat Belajar Anak di Rumah

Pandemi Covid-19 membuat seluruh kegiatan belajar mengajar diberhentikan menurunkan semangat belajar anak yang kini beralih menjadi metode belajar daring, setidaknya dari tahun 2020 hingga sekarang.
Di tahun ini rencana diadakannya pembelajaran tatap muka sudah mulai dicanangkan, namun sayang harapan itu pupus karena melonjaknya kasus Covid-19 dengan varian baru yaitu Delta. Apalagi jika Anda memiliki rumah di Pamulang, Jakarta atau kota-kota yang sudah menerapkan PPKM Darurat.
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi hal yang sudah dilakukan kurang lebih dalam satu tahun belakangan ini. Dalam hal ini, faktor keberhasilan PJJ bagi anak bukan hanya dari pihak sekolah atau guru, melainkan peran dari orang tua. Orang tua harus menjaga semangat belajar anak meskipun dengan metode PJJ.
Baca juga : Rumah di Tenjo
Anak umumnya senang pergi ke sekolah lantaran di sana anak bertemu dengan teman-temannya, dan juga suasana kelas yang menyenangkan sehingga ia semangat untuk belajar. Lalu, ketika melakukan PJJ bisa jadi hal yang membosankan baginya. Apalagi jika rumah Anda atau ruang belajar anak tidak memiliki suasana yang dapat menambah semangat belajarnya.
Lantas, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Simak beberapa panduan di bawah ini agar semangat belajar anak tetap bertambah meskipun belajar dari rumah.

1. Buat Ruang Percakapan untuk Meningkatkan Semangat Balejar Anak

Dorong anak Anda untuk mengajukan pertanyaan apa pun kepada Anda baik soal pelajaran sekolah atau pun hal lainnya, karena di saat seperti ini Anda bisa dikatakan sebagai guru utamanya. Anda dapat menggunakan momen ini  untuk memberi edukasi pentingnya hal-hal seperti mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh. Pastikan Anda berada di lingkungan yang aman dan biarkan anak Anda berbicara dengan bebas. Menggambar, cerita, dan kegiatan lain dapat membantu membuka diskusi.
Selalu tunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan memberi mereka perhatian penuh, dan pastikan mereka memahami bahwa mereka dapat berbicara dengan Anda kapan pun mereka mau. Di saat-saat genting seperti ini, anak bisa saja mengalami stress.

2. Atur Waktu Anda dengan Baik, Berpengaruh Terhadap Semangat Belajar Anak

Jika Anda adalah seorang karyawan dan harus menerapkan Work From Home (WFH), akan menjadi permasalahan juga dalam membagi waktu untuk menemani anak Anda belajar. Coba atur seluruh waktu Anda dengan baik agar semuanya dapat berjalan dengan baik. Jangan sampai Anda tidak pernah menemani anak Anda belajar karena terlalu sibuk dengan WFH Anda.
Tanpa disadari, ketika Anda menemani anak Anda belajar akan membuat ia merasa mendapat perhatian, sehingga semangat belajarnya akan bertambah

3. Lindungi Anak-anak dari Bahaya Internet

Platform digital memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk terus belajar, ikut bermain dan tetap berhubungan dengan teman-temannya. Tetapi peningkatan akses online membawa risiko yang lebih tinggi untuk keselamatan, perlindungan, dan privasi anak-anak. Diskusikan internet dengan anak-anak Anda sehingga mereka tahu cara kerjanya, apa yang perlu mereka waspadai, apa yang tidak boleh mereka akses dan seperti apa perilaku yang pantas di platform yang mereka gunakan, seperti video call.
Tetapkan aturan bersama tentang bagaimana, kapan, dan di mana internet dapat digunakan. Jika memiliki waktu luang, tonton bersama konten-konten edukasi untuk anak. Carilah konten yang sekiranya membuat anak tetap berpikir dan belajar.

4. Desain Ruang Belajar Anak dengan Menarik, Agar Menambahkan Semangat Belajar Anak

Seperti yang sudah dikatakan di awal, anak umumnya senang belajar karena memiliki suasana kelas yang riang gembira. Meskipun tidak dapat meniru sepenuhnya suasan kelas seperti apa, tapi setidaknya ruang belajar anak di rumah harus terlihat menyenangkan dengan penuh rasa riang dan gembira. Anda bisa menambahkan dekorasi-dekorasi yang berisi edukatif dengan desain yang ditangkap oleh anak.
Nah, di atas adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam menambah semangat belajar Anak di tengah pandemi. Faktor orang tua sangat amat berpengaruh dalam keberhasilan PJJ.
Maka dari itu, inilah yang membuat perumahan Bamboo Prime Residence hasil pengembang PT Karya Tunggal Properti ini menjadi pilihan terbaik untuk mewujudkan rumah yang sesuai impian kamu. Berkonsep etnik-bali, rumah di Pamulang, Tanggerang Selatan yang tentunya dekat dengan pusat kota.
Tersedia dengan berbagai tipe 50, 69, 70, 73, 88 seharga 800 juta an. Sudah terdapat fasilitas premium, seperti club house yang terdapat kolam renang baik untuk dewasa dan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo
Ada yang bisa kami bantu ?