Ini Tips Bagi Milenial yang Ingin Membeli Rumah di Tangerang

Ini Tips Bagi Milenial yang Ingin Membeli Rumah di Tangerang

Perusahaan properti terus membangun wilayah perumahan, diantaranya rumah di Ciputat yang menjadi peluang bagus untuk generasi milenial membeli rumah.

Milenial perlu mempersiapkan banyak hal saat ingin membeli rumah. Hal ini tidak terlepas dari posisi mereka yang baru pertama kali membeli rumah.

Pada tahun 2020 milenial diprediksi akan menjadi pembeli rumah terbanyak. Hal ini tidak lepas dari kemampuan finansial mereka yang sudah cukup baik dari pekerjaan atau bisnis.

Potensi besar ini tidak lepas dari jumlah milenial yang memang banyak. Juga perkembangan karir mereka yang bagus, karena sudah memasuki pekerjaan pertama dan kedua. Secara financial sudah memenuhi untuk memenuhi kebutuhan rumah.

Karena itu banyak perusahaan properti yang terus membangun wilayah perumahan, seperti wilayah rumah di Tangerang. Rumah di Ciputat, Bintaro, dan Pamulang menjadi tempat yang paling dicari oleh milenial.

Sebagai pembeli pemula, persiapan memilih daerah perumahan sangatlah penting. Selain jarak dengan tempat bekerja, tentunya investasi rumah bisa untuk jangka panjang.

Baca juga : Alasan Investasi Properti saat Pandemi Bisa Menguntungkan

Sekarang ini, memang banyak milenial yang memilih untuk membeli rumah di pinggiran kota. Hal ini karena harganya yang masih bisa terjangkau, tentunya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Kondisi inilah yang membuat daerah-daerah seperti Bintaro, Ciputat, Pamulang menjadi wilayah strategis bagi pencari rumah milenial. Apalagi harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Tapi selain memperhatikan wilayah untuk membeli rumah. Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar tidak menyesal pada kemudian hari.

1. Sudah siapkah finansial dan mental?

Harga rumah yang cukup tinggi patut menjadi pertimbangan penting, apalagi jika kamu  mengajukan pembelian kredit untuk rumah. Bukan hanya kondisi keuanganmu sekarang saja, namun kamu juga harus mencermati kondisi keuanganmu di masa yang akan datang.

Di dalam permbelian kredit, kamu akan menanggung sejumlah cicilan yang cukup besar setiap bulannya. Ini bahkan akan menjadi pengeluaran rutin yang panjang di dalam keuangan, sehingga harus dipertimbangkan dengan sangat matang.

Selain itu, mencari penyedia KPR terbaik juga akan menjadi kebutuhan tersendiri di dalam pembelian ini. Ada banyak yang harus kamu pertimbangkan, hingga akhirnya kamu bisa memilih layanan kredit yang paling menguntungkan.

Pastikan kamu memang sudah benar-benar siap untuk membeli rumah ini, terutama dalam segi keuangan. Hal ini akan mempermudah kamu melakukan pembelian dan membayar cicilan rumah tersebut hingga proses pelunasannya.

Baca juga : Properti Rumah ini Banyak Diminati pada 2021

2. Menabung Otomatis Untuk DP

Menurut banyak penelitian, kesulitan utama memiliki pindah rumah adalah tidak memiliki dana untuk membayar uang muka yang merupakan prasyarat kredit KPR. Sementara itu, hampir mustahil mengambil rumah jika tidak lewat kredit ke bank.

Karena itu, mau tidak mau, uang muka harus dikumpulkan jika ingin punya rumah. Bagaimana cara mengumpulkan DP ?

Langkah paling basic adalah menabung dari penghasilan. Namun, banyak yang tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, sehingga sulit mengumpulkan uang muka.

Menurut survey Acorns (2015), kami kutip dari Jakarta Post, bahwa hampir separuh anak muda menghabiskan uang mereka lebih banyak untuk nongkrong di kedai kopi dibandingkan menabung untuk pensiun.

Cara yang paling efektif adalah menabung ketika baru terima gaji. Jangan tunda sampai akhir bulan, namun saat gaji masuk rekening, langsung disisihkan untuk uang muka.

Salah satunya, mereka bisa memanfaatkan fitur Reksadana Auto-Invest, yaitu memotong rekening secara otomatis dalam jumlah dan waktu tertentu setiap bulan untuk diinvestasikan di instrumen Reksadana yang sudah dipilih diawal.

3. Riset Harga Rumah

Dengan mengandalkan koneksi internet, Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi pasar properti saat ini.

Anda bisa membandingkan harga rumah, lokasi, fasilitas, dan berbagai penawaran lain dari satu dengan yang lainnya. Semakin banyak riset yang Anda lakukan maka semakin banyak pula pilihan yang didapat.

Karena itu beberapa perusahaan properti rumah telah menyediakan platform baik online maupun offline untuk memperkenalkan produk mereka. Hal ini tentunya mempermudah para pencari rumah milenial saat meriset calon rumah mereka.

Baca juga : Rumah Sehat, Pilihan Investasi Terbaik Saat Pandemi

Seperti perumahan Bamboo Prime Residence hasil pengembang PT Karya Tunggal Properti ini membuka kesempatan berinvestasi. Berkonsep perumahan etnik-bali, perumahan ini berlokasi di Tanggerang Selatan yang tentunya dekat dengan pusat kota.

Tersedia dengan berbagai tipe 50, 69, 70, 73, 88 seharga 800 juta an. Sudah terdapat fasilitas premium, seperti club house yang terdapat kolam renang baik untuk dewasa dan anak.

Apalagi perumahan ini berlokasi di sunrise properti, karena adanya akses jalan tol Pondok Aren, dan akan dilewati jalur MRT. Selain itu terdapat fasilitas publik seperti Mall Bintaro X-Change, Rumah Sakit Eka Hospital BSD, juga kampus Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Bintaro.

Sebagai milenial masih banyak kesempatan untuk bisa memiliki rumah di Ciputat. Tapi melakukan persiapan yang matang juga diperlukan agar tidak kecewa pada masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo
Ada yang bisa kami bantu ?