Enteng di Kantong, Begini Cara Terbaik Menghemat Listrik

Listrik saat ini merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Hampir seluruh aktivitas manusia di zaman yang serba daring ini menggunakannya, dari kebutuhan rumah, pekerjaan, hingga pembelajaraan di sekolah atau pun di perkuliahan.

Pandemi Covid-19 pun telah membuat kebutuhan listrik di Indonesia meningkat, hal ini terjadi akibat banyaknya karyawan yang melakukan Work From Home (WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk siswa/siswi, yang pastinya menggunakan komputer/laptop untuk kebutuhan mereka.

Mengutip dari viva.co.id, Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) PLN, Haryanto WS menjelaskan, jika dilihat secara statistik, pemakaian di wilayah Jawa-Bali tahun 2021 ini memang mengalami peningkatan di kisaran 9-11 persen dibandingkan tahun 2020 lalu.

Meningkatnya penggunaan listrik di rumah tentunya akan berdampak pada biaya tagihannya. Lantas, bagaimana cara menghematnya agar tidak terlalu berat di kantong? Simak beberapa tips di bawah ini.

1. Matikan Lampu Ketika Tidak Digunakan dan Gunakan Pencahayaan Alami

Anda mungkin pernah mendengar tips ini sebelumnya, tetapi bagaimana pun, ini cukup sederhana untuk diterapkan, jadi kemungkinan besar Anda dapat melakukannya di rumah Anda.

Jika Anda memiliki pencahayaan yang baik di rumah Anda, baiknya Anda maksimalkan hal tersebut agar Anda bisa menghemat listrik dengan tidak menyalakan lampu. Pastikan juga Anda mematikan lampu setiap kali tidak digunakan.

2. Gunakan AC Hemat Daya Listrik

Jika kebetulan Anda memiliki rumah di Pamulang, Jakarta atau kota lainnya yang umumnya panas, langkah terbaik yang bisa dilakukan ialah memilih AC yang hemat daya, jika memang tidak memungkinkan untuk tinggal di rumah tanpa memiliki AC.

Saat ini banyak tipe AC yang memiliki hemat daya yang dapat mengurangi biaya tagihan Anda setiap bulannya.

3. Pada Malam Hari, Matikan Seluruh Alat Elektronik

Langkah ke 3 yang sangat mungkin Anda lakukan adalah menghemat penggunaan listrik pada malam hari. Di saat Anda tidak melakukan aktivitas apa pun, di saat itu pula Anda dapat menghemat listrik dengan mematikan seluruh alat elektronik yang ada, baik itu TV, laptop/komputer, lampu dan yang lainnya.

Selain menghemat penggunaan listrik, melakukan langkah tersebut juga dapat menghindari korsleting listrik di malam hari yang Anda tidak sadari.

4. Gunakan Laptop untuk Menghemat Listrik

Jika Anda terpaksa bekerja dari rumah, sebaiknya jika bisa Anda menggunakan laptop, jangan kompute/CPU, sebab komputer/CPU tentunya akan menggunakan listrik yang lebih banyak dibandingkan dengan laptop. Laptop hanya perlu di-charge beberapa jam kemudian penuh, dibandingkan dengan komputer/CPU yang selalu menggunakan listrik ketika hendak digunakan.

5. Cabut Colokan Listrik yang Tidak Digunakan

Perlu diketahui bahwa membiarkan steker terus terpasang tak hanya berisiko merusak alat elektronik tersebut, melainkan dapat menyedot listrik. Jadi, meski alat elektroniknya tidak sedang digunakan, listriknya akan tetap berjalan.

Sebagai contoh, charger handphone yang terus terpasang ternyata dapat memakan daya kurang lebih 1 watt per jam. Bahkan, modem internet ternyata juga bisa menghabiskan daya hingga 4 watt per jamnya. Tentu ini merupakan pemborosan. Maka dari itu, cabutlah colokan yang sedang tidak digunakan.

Nah, mungkin ke empat cara di atas Anda bisa lakukan dengan mudah demi menghemat listrik yang tentunya bikin enteng di kantong.

Maka dari itu, inilah yang membuat perumahan Bamboo Prime Residence hasil pengembang PT Karya Tunggal Properti ini menjadi pilihan terbaik untuk mewujudkan rumah yang sesuai impian kamu. Berkonsep etnik-bali, rumah di Pamulang, Tanggerang Selatan yang tentunya dekat dengan pusat kota.

Tersedia dengan berbagai tipe 50, 69, 70, 73, 88 seharga 800 juta an. Sudah terdapat fasilitas premium, seperti club house yang terdapat kolam renang baik untuk dewasa dan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo
Ada yang bisa kami bantu ?